Rabu, 12 Desember 2012

Manfaat Putih Telur

Seringkali orang-orang mencari-cari apa sih manfaat putih telur? Bukankah telur dapat menimbulkan alergi, bisul, gatal-gatal dan sejenisnya? Lebih banyak manfaatnya atau kerugiannya? Berikut kandungan putih telur beserta fungsinya:
  1. Meningkatkan konsentrasi. Telur dikemas dengan 14 nutrisi penting plus satu telur besar mengandung hanya 5 gram lemak dan hanya 70 kalori.
  2. Merangsang perkembangan otak. Kolin, suatu zat yang ditemukan di kuning telur, merangsang perkembangan otak dan fungsi.
  3. Menjaga kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan yang ditemukan dalam kuning telur dan dipercaya dapat membantu melindungi mata terhadap kerusakan akibat radiasi ultraviolet dari matahari.
  4. Sebagai sumber energy. Protein adalah nutrisi yang paling mengisi. Ini membantu mengontrol tingkat di mana makanan energi (kalori) diserap oleh tubuh Anda.Sebuah telur besar mengandung 6 gram protein kualitas tertinggi yang ditemukan dalam makanan.
  5. Multivitamin. Dengan 70 kalori dan dikemas dengan 14 nutrisi penting. Nilai gizi telur samadengan mengambil pil multivitamin.
  6. Serbaguna, diolah menjadi berbagai macam makanan.
  7. Cepat untuk di masak, praktis dan mudah.
  8. Terjangkau, ekonomis apalagi jika dilihat dari segi nutrisinya.
Untuk menanggulangi masalah alergi, bisul, gatal, dsb maka kita harus mengendalikan porsi dari setiap konsumsi telur. Adapun manfaat putih telur secara khusus memiliki nilai plus tersendiri.Telur merupakan makanan kesehatan yang luar biasa. Khususnya putih telur memiliki manfaat baik bagi kesehatan, karena putih telur bebas lemak dan kolesterol jika dibandingkan dengan kuning telur yang mengandung lemak dan kolesterol.

Beberapa manfaat putih telur yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:
  • Putih telur kaya akan protein dan bebas lemak
  • Protein terdiri dari berbagai asam amino yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan otot.
  • Putih telur mengandung mineral seperti kalium, kalsium dan fosfor.
  • Putih telur terdiri dari 90 persen air
  • Protein yang ditemukan dalam putih telur mudah diserap dalam tubuh Anda.
  • Dimakan saat sarapan, putih telur memberikan energi untuk memulai hari.
  • Makan dua butir telur saat sarapan dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan.
  • Asupan protein yang terkandung dalam putih telur dapat mengurangi nafsu makan dan mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh Anda dan sangat bagus bagi yang ingin mel akukan diet.

Protein yang terkandung dalam putih telur rata-rata 6 gram dengan kualitas tinggi. Telur juga merupakan sumber vitamin A, D, E dan K. Telur juga mengandung vitamin B seperti vitamin B2 (Riboflavin), B5 (asam pantotenat), B9 (Asam Folat atau Folic), dan B12 (Cyanocobalamin). Asam animo yang terdapat dalam telur dapat membantu pemulihan otot. Kandungan putih telur juga dapat mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah serta merupakan bagian dari diet yang dirancang untuk mengurangi peradangan.

Telur adalah sumber yang baik dari Omega-3 lemak, serta lutein dan zeaxanthin antioksidan. Telur merupakan sumber dari vitamin Kolin, yang telah dikaitkan dengan fungsi memori dan telur juga dapat meningkatkan kesehatan otak. Dan masih banyak lagi manfaat telur, baik dari putih telur maupun kuning telur.

Demikianlah info kesehatan kali mengenai manfaat putih telur. Mudah-mudahan infonya memberikan manfaat berarti bagi yang membacanya. Baca juga info kesehatan lainnya mengenai cara menghilangkan bau badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar