Rabu, 23 Januari 2013

Makanan Yang Baik Untuk Pencernaan

Pencernaan yang sehat sangat berdampak pula pada kesehatan seseorang. Mengingat pencernaan adalah sumber segala sesuatu yang masuk dan diserap oleh tubuh. Ketika makanan yang masuk ke pencernaan adalah makanan yang susah dicerna, maka bisa jadi akan mengakibatkan gangguan pencernaan.

Ketika pencernaan mengalami gangguan, maka akan berdampak pada metabolisme tubuh dan nantinya akan mengakibatkan tubuh kurang sehat dan timbul berbagai penyakit yang tidak di inginkan.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya konsumsilah makanan yang baik untuk pencernaan. Sehingga pencernaan akan bekerja sebagaimana fungsinya. Berikut ini makan yang baik untuk pencernaan:


makanan kaya serat

1. Sayur dan buah
Sayur dan buah-buahan adalah sumber serat yang mampu membantu melancarkan proses pencernaan dan pembuangan. Saran yang dianjurkan yaitu sebaiknya kita mengonsumsi serat sebanya 20 - 30 gram setiap hari atau setara dengan 5-7 sajian buah dan sayur.


2. Makan yang Kaya Prebiotik
Probiotik mengandung bakteri baik yang akan mengembalikan keseimbangan bakteri jahat di usus. Sebaiknya pilih produk yang mengandung bakteri hidup seperti yogurt dan kefir.

3. Biji-bijian utuh
Sumber makanan biji-bijian utuh antara lain beras merah dan gandum. Namun nasihat ini mungkin tidak berlaku untuk mereka yang punya penyakit kronik seperti sakit celiac atau sensitif pada gluten.

5. Jahe
Herbal dan rempah seperti jahe, pepermint, atau turmeric adalah sahabat bagi perut yang sedang bermasalah. Buatlah teh jahe untuk meredakan gangguan pencernaan.

Dengan rutin mengkonsumsi makanan tersebut, maka akan membantu anda menjaga pencernaan agar tetap berfungsi dengan baik dan bekerja sebagai mana mestinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar